Pages

Selasa, 06 November 2012

Pengaruh facebook


 PENGARUH FACEBOOK








Nama : Bayu Akbar Nugraha
NPM  : 21112380
Kelas :1KB04

UNIVERSITAS GUNADARMA
2012/2013


BAB 1
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang 

Facebook ramai-ramai mulai banyak dikecam gara-gara mulai dirasakannya dampak negatifnya oleh beberapa kalangan, mulai dari perubahan pola kerja di sebuah kantor, krisis rumah tangga dll. Beberapa pesantren bahkan mulai mengharamkan penggunaan facebook termasuk MUI yang sedang mempertimbangkan juga. Memang di facebook yang narsis, yang ngocol yang semangat terus menyumbangkan catatan kecil dan foto-foto pengalamannya saking cocoknya banyak kalangan pegawai, mahasiswa dan pelajar mulai addict bahkan jadi autis dengan perangkat mobilenya masing-masing. Satu lagi kabar yang mencengangkan bahwa Facebook dibuat oleh seorang programmer muda yang seorang “yahudi” . Bahkan dari keuntungan facebook ini sebagiannya disumbangkan untuk mendukung penyerangan Israel Ke “Palestina” !!benar kah?, lalu mengapa facebook dipertahankan? .
Pro dan Kontra seputar facebook memang masih ramai dibicarakan. Penulis sendiri pada awalnya sangat-sangat prihatin terutama melihat situasi di tempat kerja yang berubah, pengaruh facebook sepertinya lebih mengarah ke penurunan kinerja. Bahkan penulis sempat mengeluarkan statement sebagai Anti Facebook. Lalu penulis mendengar bahwa dengan facebook kita bisa menemukan orang atau teman yang sudah lama tidak bertemu bahkan komunikasi putus. Namun atas saran istri dan meyakinkan pengalamannya dapat menemukan teman-teman di semasa sekolah smp dan sma, akhirnya penulis iseng daftar dan mengikuti.
Kesan pertama melihat facebook biasa saja, tidak jauh dengan website social network yang sebelumnya sempat booming di indonesia “Friendster” . Namun setelah 1 (satu) minggu akhirnya Facebook dapat mempertemukan teman dekat yang cukup lama tidak pernah terhubung. Mulai dari situ ternyata peran facebook untuk mempererat silarturahmi cukup terbukti. Disitu saya rasakan bahwa facebook mulai mendapatkan simpati, akhirnya penulis jatuh hati ke facebook. Hebatnya facebook telah mempengaruhi “musim sosial” salah satunya musim “reuni”. Dilihat dari sini facebook telah menjadi perangkat yang sangat cocok dengan masyarakat Indonesia :”silaturahmi”.
Hari demi hari yang dicari mulai berlanjut, Facebook dijadikan tempat curhat, dan bertahap setiap curhatan berharap di sapa akhirnya sang pecinta faceboook terus- terusan memantau facebooknya ada apa setiap jamnya, setiap menitnya bahkan untuk perangkat mobile yang canggih bisa mendapatkan informasi dari relasi setiap detiknya.. ckckckc… , kita mulai diajak adict dan lupa dengan posisi apa kita. Tentunya kejadian ini tidak menimpa semuanya, paling tidak penulis sempat mengalami kondisi ini. Dan memang ternyata hal yang dikhwatirkan masuk. Inilah mungkin yang disebut dampak negatif.
Tidak heran jika banyak kalangan yang mulai memprihatinkan gejala- gejala masyarakat indonesia yang sudah addict dengan FB ini. Wajar saja jika beberapa pesantren mengeluarkan pernyataan Haram penggunaan FB, atau MUI yang ikut mempertimbangkan mungkin karena penggunaan FB yang hanya digunakan untuk memancing kita lebih sombong, atau mala lupa segala- galanya gara-gara FB jadi dunia dia yang sebenarnya.
Apakah fungsi facebook hanya sampai disitu? , sebenarnya dengan facebook cukup banyak pengguna yang memanfaatkan sebagai lahan bisnis, dengan kuatnya relasi , sehingga penawaran bisnis terkadang menjadi lebih mudah, tanpa perlu memaksa menawarkan barang yang dijual, hanya sekedar memberi simpati, atau dukungan saja barang dapat dipesan dan dibeli melalui facebook ini. Hmmm… sangat cocok bagi para pebisnis yang sudah lama di multi level marketingg yang masih membooming di negara kita.
Lalu bagai mana dengan kabar bahwa pembuat Facebook adalah orang yahudi yang ikut andil menyumbang atas penyerangan israel ke palestina beberapa bulan yang lalu ? . Banyak kalangan yang pro dan kontra menanggapi kabar ini, dimali dari ajakan untuk menghentikan segala kegiatan yang dapat menguntungkan FB, dilain pihak banyak yang memanfaatkan FB sebagai media dakwah dan mengajak semua muslim untuk memenuhi FB agar cepat penuh hinggu biaya yang dibutuhkan tidak disumbangkan melainkan di manfaatkan untuk maintenance server FB sendiri…
Terlepas dari semua itu, jika anda masih pecinta Facebook, aturlah sehingga Facebook tidak menjadi muka diri anda. dan manfaatkanlah facebook sebaik-baiknya. Tidak ada manusia yang sempurna jika kita melakukan kesalahan atau sombong secara tidak sadar di face book, alangkah lebih manusia jika kita memanfaatkan facebook untuk saling menghibur, saling berkomunikasi yang lebih baik. Banyak diantara kita yang rajin menuliskan slogan-slogan ato motto bahkan ada juga yang berdakwah, atau ada yang bertanya untuk dijawab. Sepertinya akan lebih bermanfaat. Akan lebih bermanfaatlagi bagi yang kreatif memanfaatkan FB ini untuk kebutuhan bisnis. Apapun keuntungan yang dihasilkan dari sini dukunglah Palestina, kita berharap sang pembuat ikut tergugah dan malah terbalik ikut menyumbang untuk Palestina.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Landasan Teori
Facebook

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston CollegeBoston
University,MITTufts), RochesterStanfordNYUNorthwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggilain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh duniasitus jejaring sosial ini. dapat juga bergabung dengan atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. DariSeptember 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

2.2 Sejarah Facebook 

            Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situss web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004, Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, Seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasiuntuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluaske sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak  perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahunsetelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat e-mail suatu universitas(seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosialini.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat e-mail apa pun dapatmendaftar di Facebook. 
Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.Hingga Juli 2007, Facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antarasitus-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinyadari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisike-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk fotodi Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuatsetiap harinya. Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainanvideo, kuis, dan lain sebagainya.Pegawai Facebook sendiri adalah 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan pemimpinnya masih berusia muda, antara 24 tahun sampai 37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah
makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda,main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorangdisc jockey
(DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka dikantor. Zuckerberg lebih senang jika suasana kantor yang tidak terlalu formal. Meski sudahmampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliunZuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaiansantai.

2.3       Perkembangan dan Pengaruh Facebook 

Facebook merupakan jejaring pertemanan yang sangan digemaridisemua kalangan,mulai dari anak kecil sampai yang tua. Pesatnya pertumbuhan pengguna Facebook membuat pihak situs jejaring sosial ini ingin meningkatkan lagi layanan mereka. Salah satunya denganmembuat
 Facebook Developer 
yang mengizinkam penggunanya dapat membuat aplikasi didalam Facebook yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna Facebook.
 Facebook Developer 
, mulai diperkenalkan sejak tahun 2007 silam dan sejak itu hinggakini tercatat sudah lebih dari 660.000 developer yang berasal dari 180 negara telah menciptakan beragam aplikasi yang dapat digunakan dalam Facebook. Ketertarikan masyarakat yang besar terhadap program Facebook itu, akhirnya memicu terbentuknya sebuah organisasi yang dikenaldengan nama Facebook Developer Garage.Tergerak untuk ambil bagian, terbentuklah Facebook Developer Garage Indonesia padatahun 2009. Ajang pengumpulan para pengguna yang berbakat tersebut digelar di Plaza FXSenayan, Jakarta, Sabtu (28/03/2009). "Facebook Developer Garage, membuat para user dapatmembuat aplikasi yang dapat berjalan dalam Facebook tanpa perlu memiliki keahlian khusus”.Terhitung sampai 22 Februari 2009, 1.333.649 user Indonesia telah terdaftar di Facebook dan sekitar 73% (976.372 orang) di antaranya adalah user usia produktif (18-34 tahun).
Dilihatdarigender,688.306userlakidan600.045userperempuan.
Demam Facebook adalah kelanjutan dari keberhasilan situskomunitas Friendster yang berhasi menjaring 12juta registered users”atau sekitar 60% pengguna internet di Indonesia(Friendster.com; Juli 2008). Bahkan banyak pengguna friendster yang melakukan migrasikeFacebook karena layanan yang diberikan lebih lengkap dan mengikuti selera masyarakat.
Facebookmemilikisederet fitur yang memungkinkan penggunanya berinteraksi langsung (real time),seperti chatting, tag foto, blog, game, danupdatestatus”whatareyoudoing now” yangdinilailebih keren dari Friendster.
Beberapa pengaruh penggunaan dan penyalahgunaan Facebook di kalangananakmudayitukurangnya waktuuntukbelajardanmengerjakantugas,kurangnyawaktuuntuk bersosialisasidanberinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan, membuat lupawaktu sehingga pola hidup tidak teratur, masyarakat terbiasa melalukan hal-hal dengan praktis,sehinggatidaktermotivasiuntukmelakukan hal-hal yang sulit, finansial yang terkesanmembuang-buang uang.Contoh-contoh penyalahgunaan Facebook seperti penyebaran foto-foto yang tidak sopan, perceraian, karena dapat berteman dan berkomunikasi secara bebas, situs pertemanan seperti Facebook dapat menimbulkan kecemburuan dan perselingkuhan, menyebabka nseseorang mengalami kesulitan untuk membedakan hal nyata dan tidak nyata, yaitu gejala penyakitneurotik skizofrenia, membuat seseorang menjadi ingin tahu urusan orang lain,Beredar banyak kata-kata kasar, Pamer, Sering dijadikan ajang untuk membicarakan narkoba dan seks, darisebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan asal University of Washington, terungkap kalau 54 persen remaja yang tergabung di Facebook dan Myspace, sering membicarakan hal yang sensitif seperti narkoba dan seks di forum ini, menyebabkan gejala kenarsisan. Para peneliti mengatakan bahwa jumlah pesan dan postingan di halaman 130 pengguna Facebook sangat berkorelasidenganseberapa narsisnya mereka. Pimpinan studi Laura Buffardi Ph.D. mengatakan bahwa inisetara dengan seberapa narsisnya mereka di dunia nyata. Orang yang narsis di Facebook bisaditandai dengan tampilan yangglamour 
Pada foto diri utama mereka. Di studi terdulu, ilmuwanmenemukan bahwa halaman personal Web sangat popular di kalangan kaum narsis, namun bukan berarti semua pengguna Facebook adalah narsis. Ditemukan, bahwa orang narsis bisa jaditerlihat sangat menarik, narsis bisa diarahkan ke hal yang positif jika ditujukan kepada kegiatandan hal-hal yang positif, biasanya orang-orang ini tergolong
kreatif.Selaindampaknegatif,Facebookmempunyai dampak positif. Dampak Positif dariFcebook yaitu :
1.    Facebook sebagai media komunikasi, merupakan fungsi facebook yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia
2.    Media pertukaran data, dengan menggunakan Facebook para penggunanya diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.    Kemudahan memperoleh informasi yang ada di Facebook sehingga manusia tahuapa saja yang terjadi.
4.    Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan,dan lain-lain.
5.    Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak  perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

2.4       Pengaruh Facebook terhadap Remaja

Di kalangan remaja facebook sangat diminati, terlihat dari antusias mereka yang sangat sering menggunakan jaringan social ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka.Bahkan terkadang sampai ada yang lupa waktu jika telah bermain dengan jaringan sosial yangsatu ini. Hal ini tentu saja dapat berdampak pada diri remaja tersebut. Misalnya saja bagi merekayang lupa waktu jika sudah kecanduan facebook, hal ini tentu saja dapat membuang waktumereka. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar, malah digunakan untuk bermain didunia maya ini secara langsung hal ini akan mengakibatkan penurunan prestasi yang dimilikiremaja tersebu. 
Namun sisi lain facebook juga memiliki dampak positif, diantaranya adalah bahwadengan facebook seseorang dapat berkomunikasi kembali dengan teman lamanya yang mungkinsaja sudah lama tidak bertemu. Dengan facebook juga dapat membentuk suatu obrolan antar teman yang tentu saja hal ini dapat menjaga hubungan silaturahmi seseorang. Melihat daridampak negatif dan positif yang ditimbulkan oleh Facebook kini tergantung dari bagaimana kitamenyikapi serta menggunakan facebook tersebut secara bijak.Dampak – dampak yang akan muncul seiring dengan penggunaan fasilitas jejaring soailFacebook terhadap kesehatan mental seorang manusia khususnya wanita, diantaranya :
1. Kecanduan situs jejaring sosial seperti facebook atu myspace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak  performa mental. 
.2.Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bilamenggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiaphari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang ulang.
  Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yangmenghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer. Media elektronik,seperti Komputer, laptop, atauhandphone( ponsel ) juga menghancurkan secara perlahan-lahankemampuan anak-anakdankalangandewasamudauntukmempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalahseseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak  berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinyaPerilaku berkurangnya aktifitas berinreraksi langsung secara face to faceterhadaporang lain juga dapat meningkatkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker,struk, penyakit jantung, dandementia



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesinmpulan 

Facebook adalah situs jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalamkomunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksidengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, danmemperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar diFacebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yangtersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografi.

3.2 SARAN

Terima kasih kami ucapakan kepada para pembaca makalah ini khususnya mahasiswa/mahasiswi Universitas Gunadarma yang mempelajari makalah ini semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Mungkin makalah ini masih banyak di temukan kesalahan dan mungkin masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami memohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun.

                     



DAFTAR PUSTAKA



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting